Pages

Senin, 28 September 2015

Contoh RPP Seni Budaya (Musik) Kelas VII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                       : ...........................
Kelas                                           : VII (tujuh)
Semester                                     : 2 (genap) 
Mata Pelajaran                           : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi Waktu                            : 4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar kompetensi                   : 11. Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar                      : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah. 

§  Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
§ Menyebutkan elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menjelaskan makna dari lagu jenis musik daerah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

§  Materi Ajar
a. Struktur Formal Musik Daerah
b. Lagu daerah Jawa Barat “Manuk Dadali” oleh : Sambas

§  Metode Pembelajaran
Model pendekatan Ctl dan life skill

§  Langkah – langkah pembelajaran
Peretmuan pertama dan kedua.
1.   Kegiatan Pendahuluan
·         Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi     

2.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Melakukan tanya jawab tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mendengarkan lagu-lagu Daerah Jambi melalui CD/VCD/kaset/guru.
F Mendiskusikan tentang elemen musik seperti irama, tempo, nada, serta dinamika.
F Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis.
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

§  Alat/Sumber Belajar
F Buku “Seni Budaya .
F Lagu daerah “Manuk Dadali”
F VCD, CD, kaset, guru

§  Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
Ü  Menyebutkan nama alat musik pengiring

Tes Tertulis
Tes uraian

Ü  Sebutkan 3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
Ü  Sebutkan nama alat musik pengiringnya
Ü  Berikan tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
Ü  Sebutkan nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan!
Ü  Sebutkan alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!
Ü  Jelaskan nama pencipta lagu “Manuk Dadali”
Ü  Ceritakan makna lagu “Manuk Dadali” yang kalian dengarkan!
Ü  Sebutkan tanda mula pada lagu “Manuk Dadali”

Format penilaian
NO
Skor Mentah Perolehan (a)
Skor Mentah Maksimum (b)
Bobot soal skor Butir (c)
Nilai tiap soal
1

2
2

2

2
2

3

2
2

4

2
2

5

2
2



10
10



Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



(Drs.Syahrel,M.Pd)
NIP/NIK : …………………

Kerinci, .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( ALRIZKA HAIRI DILFA)
NIP/NIK : 14023077

0 komentar:

Posting Komentar


counter