RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
...........................
Kelas :
VII (tujuh)
Semester :
2 (genap)
Mata Pelajaran : Seni Budaya / Seni Musik
Alokasi
Waktu : 4 x 40
menit ( 2x pertemuan )
Standar
kompetensi : 11.
Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi
dasar : 11.1 Mengidentifikasi ragam jenis musik daerah.
§
Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat:
§ Menyebutkan
judul lagu yang diperdengarkan.
§
Menyebutkan
elemen lagu seperti, irama, nada, tempo dan dinamika lagu.
§ Menjelaskan
makna dari lagu jenis musik daerah.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )
§
Materi
Ajar
a. Struktur Formal Musik
Daerah
b. Lagu daerah Jawa Barat
“Manuk Dadali” oleh : Sambas
§
Metode
Pembelajaran
Model pendekatan
Ctl dan life skill
§
Langkah –
langkah pembelajaran
Peretmuan pertama dan
kedua.
1. Kegiatan
Pendahuluan
·
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan
siswa,motivasi,persepsi dan apresiasi
2. Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Melakukan tanya jawab
tentang lagu yang sudah diperdengarkan.
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F Mendengarkan lagu-lagu Daerah Jambi melalui CD/VCD/kaset/guru.
F Mendiskusikan tentang elemen musik seperti
irama, tempo, nada, serta dinamika.
F Memberikan tanggapan pribadi secara
lisan atau tertulis.
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
§
Alat/Sumber
Belajar
F Buku “Seni Budaya .
F Lagu daerah “Manuk Dadali”
F VCD, CD, kaset, guru
§
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü
mengidentifikasi
beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat
Ü
Menyebutkan
nama alat musik pengiring
|
Tes Tertulis
|
Tes uraian
|
Ü
Sebutkan
3 judul lagu tradisional daerahmu beserta nama penciptanya
Ü
Sebutkan nama alat musik pengiringnya
Ü
Berikan
tanggapan tentang unsur musik yang diperdengarkan
Ü
Sebutkan
nama irama, dinamika, tempo lagu yang diperdengarkan!
Ü
Sebutkan
alat musik yang digunakan dalam lagu yang diperdengarkan!
Ü
Jelaskan
nama pencipta lagu “Manuk Dadali”
Ü
Ceritakan
makna lagu “Manuk Dadali” yang kalian dengarkan!
Ü
Sebutkan tanda mula pada lagu “Manuk Dadali”
|
Format penilaian
NO
|
Skor Mentah Perolehan
(a)
|
Skor Mentah Maksimum
(b)
|
Bobot soal skor Butir
(c)
|
Nilai tiap soal
|
1
|
|
2
|
2
|
|
2
|
|
2
|
2
|
|
3
|
|
2
|
2
|
|
4
|
|
2
|
2
|
|
5
|
|
2
|
2
|
|
|
|
10
|
10
|
|
Keterangan : Nilai tiap soal a/b x c.
Mengetahui,
Kepala
SMP/MTs ........
(Drs.Syahrel,M.Pd)
NIP/NIK
: …………………
|
|
Kerinci,
..................... 20...
Guru
Mapel SBK.
( ALRIZKA HAIRI DILFA)
NIP/NIK
: 14023077
|
0 komentar:
Posting Komentar